Tanpa Aksi dan Dedikasi Semuanya Basi

Basi lah... kalau kamu cuman baca-baca doang. Tapi gak praktik.

Iyaa paham, emang nakutin, emang gak mudah, potensi gagal juga gedhe. Iyaa iyaa paham. Yang aku bingungin tuh, terus kenapa kalo gagal? Bukannya gak ada yang jago dalam sekali coba ya?

Sampai kapan mau dibuat diem sama ketakutanmu sendiri? Kalau kamu ngerasa itu positif, bermanfaat, dan gak merugikan orang lain, kenapa enggak?

Orang yang cuman dengerin video youtube "Cara public speaking" atau cuman baca buku "Cara ngobrol asik dengan orang baru", bakal kalah sama mereka yang tiap pagi praktik ngomong sendiri di depan kaca dan sesekali langsung ajakin temen-temennya ngorbol untuk menyampaikan ide dan gagasannya.

Orang yang cuman baca-baca tutorial aja, bakal kalah sama mereka yang mempraktikkan materinya atau bahkan berani ambil projek kecil-kecilan sambil jalan, sambil belajar.

Orang yang cuman cari lowongan kerja tiap hari, bakal kalah sama mereka yang apply tiap hari ke banyak perusahaan sekaligus.

Sebenernya semua ketakutan itu cuman ada di pikiranmu aja. Kamu mikirnya, semisal kamu ngelakuin A, dan salah, maka terjadi B. padahal mah belum tentu. Oke, andaikan bener-bener terjadi B, kamu masih bisa hitung resikonya kan? kalau kamu masih sanggup ambil resiko itu. yaa kenapa enggak? toh setiap kegagalan pasti bawa pelajaran juga.

Berkaca dari contoh yang sebelumnya aku sebutin.

Tentang orang yang ingin jago komunikasi tapi cuman nontonin tips and trik tiap hari. Misal nih, kamu beneran langsung ngobrol ke orang entah orang baru maupun teman yang sudah kenal, terus tiba-tiba suasana jadi canggung dan aneh, ya wajar kan? namanya juga baru belajar, namanya juga baru kenal. Tapi belum tentu juga kan itu yang bakal terjadi? andaikan nih pas ngobrol, ternyata ngerasa nyambung, Aku yakin deh, kedepannya kamu bakal pengen ngobrol lebih banyak.

Tentang orang yang hanya hobi baca tutorial. Misal nih, tutorial menjadi software engineer. Andaikan kamu beneran mempraktikkan tutorialnya, terus ada error, yaa gapapa toh? gak bakal meledak juga komputermu. Ya kan? Dan andaikan pas praktikin materinya terus gak error sama sekali, kamu bakal ngerasain motivasi buat belajar lebih jauh lagi. Yakin deh.

Tentang orang yang cari lowongan kerja mulu tapi takut buat coba apply. Andaikan kamu beneran coba apply job, diinterview, terus gagal. Tinggal cari lagi kan? tinggal nunggu interview berikutnya kan? dan andaikan tiba-tiba diterima. Yaa selamat, berarti sekarang kamu punya kondisi yang memaksamu untuk belajar. Percaya deh, kalo kondisi yang memaksamu, kamu bakal curahin seluruh tenaga dan usahamu untuk memperjuangkannya. Cobain deh

Pada intinya, kita sebagai manusia cuman disuruh buat berusaha, hasilnya bukanlah kuasa kita. Persiapan itu WAJIB, tapi.... jangan sampai persiapan kita bikin kita gak mulai-mulai (overprepared). Yaa lucu aja sih semisal ada perang nih, terus kita sebagai pemimpin malah sibuk planning mulu. Yaa keburu disergap musuhnya.

Rencanamu emang harus perfect, tapi ingat waktumu ga banyak. Orang yang TAKE action belum tentu gagal. Tapi orang yang GAK action pasti gagal. Ya gak? Lagi pula, semua itu diawali dengan aksi lalu dipertahankan dengan dedikasi, barulah menghasilkan evolusi.

"Orang yang TAKE action, BELUM TENTU gagal. Tapi orang yang GAK action PASTI gagal."

Pertanyaannya nih, terus kamu kapan mulai aksi?

Action Plan

Coba deh sediakan waktu 1 jam untuk bermonolog dengan diri sendiri. Tanyakan beberapa pertanyaan ini, dan jawab sejujur-jujurnya;

  1. Apa hal yang ingin kamu lakukan tapi kamu takut untuk memulainya?
  2. Kenapa kamu ngerasa takut? apa yang kamu takuti?
  3. Apa dampak atau resiko yang didapat semisal pas mencoba, terus gagal?
  4. Apa dampak atau resiko yang diapat semisal kita GAK SAMA SEKALI mencoba?
  5. Apa persiapan yang bisa kamu lakukan? dan apa batasnya?

Jawabnya jangan singkat-singkat, tulis dan jawab aja serinci-rincinya. Ceritakan semua yang ada di kepala. Belajarlah lebih jujur pada diri sendiri.

Kamu Gak Sendiri Kok!

Mungkin aku dan kamu punya keresahan yang sama, lantas kenapa ragu untuk menceritakan keresahanmu?

Jadi Gimana? Udah Kebayang Setelah Kuliah, Mau Ngapain?

Let's Inspire Others!


Made With Love

Copyright setelahkuliah.com