Salah Jurusan

Pernah ngerasa salah jurusan?

Sebenernya.... salah jurusan bukan berarti suatu kegagalan. Bukan berarti juga membuang-buang waktu. Apalagi sesuatu yang harus disesali. Andai kita lebih menerima takdir-NYA Allah, kita bakal menyadari bahwa salah jurusan adalah salah satu langkah yang harus ditempuh untuk menemukan jurusan yang tepat. Nah lho?

Justru dengan salah jurusan, kita jadi tau kalau jurusan ini gak sesuai sama kita. Yaa... ga cocok aja. Terus, tau gak apa yang bakal terjadi berikutnya? Ya! Karena ngerasa nggak cocok, kita bakal aktif mencari sesuatu yang cocok!

Nyadar gak sih?

"Justru dengan salah jurusan, kita jadi tau kalau jurusan ini gak sesuai sama kita"

Yaaa tapi beda-beda juga sih, ada yang memilih menyerah dan pasrah akan keadaan, ada juga yang memilih move on dan berusaha cari solusinya. Terserah kita mau jadi yang mana. Sebagian orang kelihatan cocok dengan jurusan kuliah yang diambilnya sekarang. Tapi nggak menutup kemungkinan mereka juga pernah ngerasain salah jurusan. Kita gak tau juga kan proses pencarian yang mereka tempuh selama ini?

Alhamdulillah. di kasusku, aku ngerasa beruntung karena bisa belajar di jurusan yang cocok yaitu jurusan IT. Tapi bukan berarti pas lahir aku langsung teriak "Aku cocok di IT! Aku harus kuliah di jurusan IT!". Ngaco banget kan? Karena sebenernya banyak proses yang terjadi dibaliknya. Aku mengawalinya dengan hobi menggambar, lalu sempat jadi komikus (penggambar komik) online, editor video, desainer, terus mencoba dunia musik (sedih kalo inget WKWK), mencoba untuk menjadi penulis (kalau yang ini serius), barulah aku bertemu dengan dunia software engineering. Yang menurutku asik, profit, dan aku suka buat ngejalaninnya.

Kita sama-sama pernah mengalami salah jurusan, hanya saja, terjadi di waktu yang berbeda. Masa pencariannya juga berbeda. Terus kenapa milih nyerah? kalau masih ada kesempatan untuk terus mencari.

Menganggap salah jurusan sebagai suatu musibah atau anugerah, itu pilihan...

Mengutuk hal yang sudah terjadi atau memperjuangkan solusi, itu juga pilihan...

Merasa kurang beruntung atau merasa sangat beruntung, itu juga pilihan...

Entah jurusanmu benar atau salah, semua datang karena sebuah alasan. dan akan pergi meninggalkan pelajaran. Pertanyaannya, kamu milih mana? menyerah? atau meneruskan pencarianmu? Sink or swim...

Action Plan

Coba deh sediakan waktu 1 jam untuk bermonolog dengan diri sendiri. Tanyakan beberapa pertanyaan ini, dan jawab sejujur-jujurnya;

  1. Kenapa kamu ngerasa salah jurusan?
  2. Ada gak hal yang bisa kamu lakuin untuk mencintai jurusan yang terlanjur kamu ambil?
  3. Pelajaran apa yang bisa kamu dapatkan?
  4. Jurusan apa yang seharusnya kamu ambil?

Jawabnya jangan singkat-singkat, tulis dan jawab aja serinci-rincinya. Ceritakan semua yang ada di kepala. Belajarlah lebih jujur pada diri sendiri.

Kamu Gak Sendiri Kok!

Mungkin aku dan kamu punya keresahan yang sama, lantas kenapa ragu untuk menceritakan keresahanmu?

Jadi Gimana? Udah Kebayang Setelah Kuliah, Mau Ngapain?

Let's Inspire Others!


Made With Love

Copyright setelahkuliah.com