Mengarahkan Mimpi

Asumsiku... kamu sudah baca 3 post sebelumnya: tentang ego, salah jurusan, dan tentang passion. Asumsiku juga.... kamu sudah bermonolog dengan diri sendiri dan mulai menemukan passion yang kamu "cari" selama ini. Kamu juga sudah kepikiran mimpi apa yang ingin kamu raih. Tapi... apalah arti mimpi bila dia tak terarah. apalah arti mimpi bila dia tak bertujuan.

Orang sering bilang kalau hidup adalah sebuah perjalanan. Bahkan sering kali kita menemui kalimat "Perjalanan Hidup". Menurutmu, aneh gak sih? semisal kita melakukan suatu perjalanan, tapi gak tau mau kemana, gak tau mau ngapain, dan gak tau untuk apa kita melakukan perjalanan ini. Mungkin hal ini yang bikin kita ngerasa hidup gitu-gitu aja. Karena tujuan kita masih bias.

Iyaa... emang iya, kalo tujuan hidup itu untuk beribadah. Tapi, kamu percaya juga kan, kalau setiap manusia diciptakan dengan karakter, sifat, dan bakat yang bebeda-beda? Nah, aku ngerasa kalau Allah kasih kita semua modal tersebut untuk sebuah alasan. Penasaran, kira-kira Allah pingin kita melakukan ibadah TAMBAHAN yang seperti apa yaa? sampai-sampai kita dikasih karakter, sifat, dan bakat yang berbeda-beda kayak gini.

Menurutmu, bijak gak sih semisal kita udah dikasih "modal" yang luar biasa kayak gitu, tapi kita cuman hidup biasa-biasa aja? ngisi kegiatan harian dengan hal yang biasa-biasa aja. Padahal kita udah dikasih bakat lho. Dikasih kesempatan. Dikasih minat.

Ayo deh, kita coba cari tujuan hidup. Biar tau mau kemana. Biar mimpi kita lebih terarah.

Kalau mimpimu pingin jadi pengusaha, berarti kamu punya kesempatan untuk beribadah dengan hartamu.

Kalau mimpimu pingin jadi guru, berarti kamu punya kesempatan untuk beribadah dengan ilmumu.

Kalau mimpimu pingin jadi abdi negara, berarti kamu punya kesempatan untuk beribadah dengan ragamu.

Kalau mimpimu pingin jadi pejabat, berarti kamu punya kesempatan untuk beribadah dengan berbagai kebijakkan yang kamu buat.

Kalau mimpimu pingin jadi penulis, berarti kamu punya kesempatan untuk beribadah dengan membagikan gagasan positifmu.

"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah."

— Q.S. Ali-Imran: 110

Diluar dari ibadah wajib, kita punya ibadah spesial masing-masing. Kita punya misi masing-masing. Dan ini yang aku sebut "tujuan". Kalau kamu, kamu pingin ibadah yang kayak gimana?

Action Plan

Coba deh sediakan waktu 1 jam untuk bermonolog dengan diri sendiri. Tanyakan beberapa pertanyaan ini, dan jawab sejujur-jujurnya;

  1. Apa hal yang kamu rasa kamu "kompeten" disitu?
  2. Apa hal yang bisa bikin kamu ngerasa bermanfaat?
  3. Apa hal yang bisa kamu beri untuk orang di sekitarmu?

Jawabnya jangan singkat-singkat, tulis dan jawab aja serinci-rincinya. Ceritakan semua yang ada di kepala. Belajarlah lebih jujur pada diri sendiri.

Kamu Gak Sendiri Kok!

Mungkin aku dan kamu punya keresahan yang sama, lantas kenapa ragu untuk menceritakan keresahanmu?

Jadi Gimana? Udah Kebayang Setelah Kuliah, Mau Ngapain?

Let's Inspire Others!


Made With Love

Copyright setelahkuliah.com