Ego Itu Penting

Ego itu beneran penting, kenapa? karena orang yang punya kadar ego cukup bakal tau kemauannya, kuat prinsipnya, dan bakal bikin batasan antara dirinya dan orang lain.

"Ego" yang lagi aku bicarakan bukanlah egois, itu hal yang sangat berbeda. Menurutku, konteks egois adalah ketika kita yang seharusnya memikirkan kepentingan orang banyak, tapi kita malah mendahulukan kepentingan pribadi. Itu Egois. Karena banyak pihak yang dirugikan.

Tapi Kalau Ego yang lagi aku bicarakan itu beda, Ego itu tentang bagaimana kita bisa mengenali diri kita. Tau apa kemauan kita. Jadi semisal nih, kita punya prinsip atau kemauan untuk jadi orang yang sehat. Nah, tugas ego disini adalah mempertahankan prinsip atau kemauan kita. Pas kita lagi diajak teman untuk makan junk food walapun kita ditraktir, walaupun junk foodnya kualitas terbaik, walaupun junk foodnya lagi nge-hype. Kita bakal menolaknya dan lebih memilih untuk berusaha stay pada kemauan kita, prinsip kita. yaitu menjadi orang sehat.

Orang yang tak memiliki kadar ego yang cukup, bisa dibilang orang yang sedang bingung dengan dirinya sendiri. Gak tau kemauannya. Gak tau mau apa. Gak tau harus ngapain. Gak tau mau kemana. Orang yang bingung dengan kemauannya sendiri cenderung tidak memiliki prinsip yang kuat. Hanya mengandalkan hidup yang mengalir gitu-gitu aja. Dan menurutku itu gak baik sih.

"Karena orang yang punya kadar ego cukup bakal tau kemauannya, kuat prinsipnya, dan bakal bikin batasan antara dirinya dan orang lain."

Inget deh apa tujuan penciptaan kita? untuk menjadi pemimpin di bumi kan? untuk mampu memakmurkan bumi kan? jadi, jangan mau hidup biasa-biasa aja. Kita harus punya mimpi, kita harus punya prinsip, kita harus punya ego yang cukup gak lebih yaa gak kurang. DENGAN TETAP MENGETAHUI KAPAN HARUS MEMENANGKANNYA DAN KAPAN HARUS MENAHANNYA.

Hal ini aku dapati dari buku berjudul "Sebab Kalah - Mentalitas keliru remaja yang membawa pada hidup yang begitu-begitu saja" karya Ahmad Dzikran. Menariknya, bab Ego ini ditulis di bab pertama. Don't you think it's there for a reason?

Jadi untuk melangkah ke hidup yang lebih bermanfaat, langkah paling awal adalah meluangkan lebih banyak waktu untuk mengenali diri sendiri. apa yang kita mau? Kenapa mau itu? kenapa harus mengupayakannya? Saat semuanya terjawab. Maka langkah berikutnya akan terlihat jelas.

Kita gak akan jadi orang yang gampang menyerah lagi. Karena kita punya alasan kuat untuk melakukannya.

Kita gak akan ngerasa hilang arah lagi, karena kita punya tujuan.

Kita akan punya kesempatan untuk mencapai hidup yang maksimal. Dan akhirnya, kita punya lebih banyak kesempatan untuk menebarkan manfaat kepada orang lain.

Action Plan

Coba deh sediakan waktu 1 jam untuk bermonolog dengan diri sendiri. Tanyakan beberapa pertanyaan ini, dan jawab sejujur-jujurnya;

  1. Apa hal yang paling kamu sukai?
  2. Apa hal yang ingin banget kamu lakuin?
  3. Kenapa kamu ingin melakukannya?

Jawabnya jangan singkat-singkat, tulis dan jawab aja serinci-rincinya. Ceritakan semua yang ada di kepala. Belajarlah lebih jujur pada diri sendiri.

Kamu Gak Sendiri Kok!

Mungkin aku dan kamu punya keresahan yang sama, lantas kenapa ragu untuk menceritakan keresahanmu?

Jadi Gimana? Udah Kebayang Setelah Kuliah, Mau Ngapain?

Let's Inspire Others!


Made With Love

Copyright setelahkuliah.com